Home » » Tips: 3 Cara Agar Selalu Aman Saat Sedang Internetan - Mencegah Virus

Tips: 3 Cara Agar Selalu Aman Saat Sedang Internetan - Mencegah Virus

Written By Unknown on Rabu, 03 April 2013 | 22.00

Assalamualaikum wr.wb
Inilah 3 tips sederhana namun ampuh, agar akun online dan komputer anda aman saat melakukan aktifitas internet - Selama kita berselancar atau surving di dunia maya, tidak ada yang namanya keamanan akan terjamin 100%. Karena kita ini hanya manusia biasa, pasti suatu saat akan lengah.

Sudah banyak akun online yang menjadi korban hacker. Faktor terjadinya hacking bisa jadi anda mengklik link yang diberikan oleh si pelaku. Tak hanya akun online saja yang terancam keamanannya, tapi juga komputer dan laptop, yaitu terkena virus. Penyebabnya, mungkin karena mengunjungi situs yang berbahaya (terindikasi adanya malware or trojan). Atau terkena jebakan, yaitu mendownload file di internet, yang didalamnya sudah ditanami virus oleh si peng-upload. Untuk memberikan anda keamanan dan kenyamanan saat internetan, saya akan membagikan tips-nya dalam versi simple. Agar anda mudah dalam memahaminya dan tidak bingung.

Gunakan Antivirus Yang Kuat
Saya rekomendasikan pakai Eset Nod32, karena antivirus tersebut yang sedang saya gunakan sekarang ini. Bila ingin memperpanjang masa aktifnya, cari daftar username dan password eset nod32 2013. Untuk tutorial install dan pengoperasiannya, silahkan cari di google.

Memakai Jasa Urlvoid
Sebelum anda memasuki suatu website, ada baiknya dicek terlebih dahulu, apakah website tersebut berbahaya atau tidak (masuk daftar blacklist), di urlvoid. Ketikkan url websitenya, lalu klik Submit atau Enter. Jika ada 1 saja tanda silang warna merah yang muncul, berarti itu berbahaya. Kalau yang muncul semua tanda centang warna hijau dan ada tulisan "Not Blacklisted", berarti aman untuk dikunjungi. Jangan lupa untuk mengklik "Update Report"

satoshi48 blogspot safe website on urlvoid
Klik untuk memperjelas gambar 
Manfaatkan On-Screen Keyboard 
Jika memasukkan password saat ingin log in di situs jejaring sosial: facebook, twitter, google plus, kaskus dan lain-lain. Gunakan on-screen keyboard. Jangan memakai keyboard biasa, yang harus diketik dengan tangan. Karena siapa tahu pc anda ada keylogger atau semacamnya. Cara penggunaannya: cukup klik dengan mouse, pada huruf atau angka. Kecuali untuk simbol diatas angka dan sebagainya, harus menggunakan keyboard biasa. 
Itulah beberapa cara agar akun social media anda aman dan mencegah virus internet masuk ke pc. 
Sebagai pelengkap artikel ini baca juga Cara Meningkatkan Level Keamanan Akun Blogger dan Google
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

Comment

Diberdayakan oleh Blogger.
 
Support : Your Link
Copyright © 2013. Newbie Blog - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger